Assalamualaikum Wr.Wb....

Sebelumnya kami ucapkan terimakasih atas kunjungan Anda.....
Mohon maaf yang sebesar-besarnya, sehubungan dengan akun Paypal kami yang belum aktif, fitur Shopping Chart masih belum dapat digunakan. Untuk pemesanan mohon hubungi nomor handphone yang tertera pada gadget gambar "Pemesanan Cepat". Kami akan sesegera mungkin membalas SMS/WA Anda.

Terimakasih Atas Perhatiannya......



























Resep Empek-Empek Palembang

Resep Empek-Empek Palembang

Resep Empek-Empek Palembang

Empek-empek Palembang merupakan makanan khas Palembang, Sumatera Selatan. Meskipun empek-empek Palembang yang orisinil masih bertahan di tempat asalnya, namun empek-empek Palembang juga banyak dijual di tiap-tiap kota besar di seluruh Indonesia. Empek-empek Palembang ini ditawarkan/dijual untuk segala kalangan dengan variasi harga, rasa dan kualitasnya. Empek-empek Palembang diolah dengan mencampur ikan yang sudah digiling dengan tepung tapioka atau tepung sagu sebagai pengenyal. Ikan yang digunakan pada umumnya adalah ikan tengiri, gabus, belida dan kakap. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan ikan jenis lainnya dapat digunakan juga sebagai bahan untuk membuat empek-empek. Kesegaran ikan menentukan kualitas rasa empek-empek. Perbandingan komposisi ikan, tepung tapioka/sagu dan rasa cuko asam sebagai saos penyedapnya mempengaruhi rasa dari empek-empek yang dibuat. Maka, jika Anda sebagai penggemar empek-empek Palembang akan menemukan citarasa empek-empek maupun cuko yang berbeda-beda di tiap-tiap penjualnya.


Nah, tidak ada salahnya kita mencoba membuat empek-empek Palembang sendiri kan?. Kemungkinan kita bisa menjualnya untuk dipakai sebagai sumber penghasilan kita. Dengan kesabaran dan ketelitian kita, kemungkinan besar akan berhasil. Kita dapat menggunakan ikan tengiri, belida atau ikan jenis lainnya yang kita kehendaki.
Berikut ini adalah resep empek-empek Palembang. Mari kita coba...


Bahan Untuk Adonan Dasar :

 
•    500 gr daging ikan kakap/tengiri atau ikan lainnya, giling sampai halus
•    500 gr tepung tapioka/tepung sagu
•    ½ sdm garam
•    4 butir telur untuk empek-empek jenis kapal selam
•    Minyak goreng
•    Penyedap rasa jika diperlukan
•    Air bersih secukupnya
Bahan Saus Asam/Cuko:
•    150 gr asam jawa
•    1500 ml air
•    50 gr bawang putih
•    1,5 sdm garam
•    250 gr gula jawa/merah
•    75 gr cabai rawit atau pedas sesuai selera


Cara Buat :

 
1.    Campur daging ikan yang sudah digiling halus, tepung kanji/sagu dan garam. Aduk rata, beri air secukupnya hingga adonan dapat dibentuk dan tidak lengket di tangan, sisihkan.
2.    Didihkan 3 liter air dalam panci
3.    Bila dibuat empek-empek Lenjer : bentuk adonan bulat panjang (garis tengah kira-kira 2,5 cm, panjang sekitar 20 cm) rebuslah adonan sampai matang, angkat dan angin-anginkan.
4.    Bila dibuat empek-empek ada’an : bentuk adonan seperti bola pingpong. Lebih baik adonan sebelumnya dibubuhi irisan daun bawang, rebuslah sampai matang. Angkat dan angin-anginkan.
5.    Empek-empek kapal selam : pipihkan adonan untuk membentuk kantong dengan setebal kira-kira 0.5 cm. Tuangkan telur kocok ke dalamnya menggunakan wadah yang bercorong agar tidak menyentuh bagian atas adonan. Lekatkan kantung hati-hati, jagalah agar telur kocol tidak keluar. Rebus sampai matang. Angkat dan angin-anginkan.
6.    Goreng adonan yang sudah matang tersebut sebelum disajikan, potong ukuran sesuai selera dan tuangkan saus asam.


Cara Mebuat Saus Asam/Cuko :

 
1.    Didihkan air, masukkan asam jawa dan gula. Masak sampai larut. Saring larutan tersebut.
2.    Haluskan cabai, bawang putih, garam, masukkan ke dalam larutan asam jawa tersebut. Didihkan sampai bumbu matang. Rasa asam dan manis sesuai selera.

Mudah-mudahan artikel resep membuat empek-empek Palembang ini dapat membantu Anda untuk lebih mengetahui cara membuat empek-empek Palembang yang benar. Syukur alhamdulillah apabila resep ini dapat dipakai sebagai acuan untuk Anda yang menginginkannya sebagai peluang usaha yang dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan.


Terimakasih Atas Perhatian Anda... Salam sukses selalu...

 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Oleh-Oleh Nusantara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template | Distributed By: BloggerBulk
Proudly powered by Blogger